Sebelumnya: HTBLI #4: Jangan Cari Tahu Perkiraan Biaya di Tempat Tujuan Anda

Sedikit background story. Pada tahun 2011, ketika sedang giat menggarap sebuah novel, saya membeli sebuah buku panduan traveling ke Thailand. Niat awalnya sih untuk bahan referensi, karena latar tempat di novel itu sebagian berada di beberapa tempat di Thailand.

Tak disangka, ternyata sebelum tokoh novelnya menjejakan kaki di Tahiland, si penulisnya terlebih dahulu mendapatkan kesempatan untuk pergi ke sana. Karena malas beli buku lagi, jadilah buku itu saya bawa dan jadikan pegangan, termasuk untuk urusan budgeting.

Nah setibanya di Khao-san, kami celingukan. selain karena memang sudah mulai petang, kami sama sekali belum mencari tempat penginapan.

Berbekal informasi dari buku tersebut, kami berjalan dan mencari penginapan yang disebutkan di dalam buku tersebut. Tapi Khao-san itu ternyata cukup besar sodara-sodara. Belum lagi ditambah rasa dongkol karena segala kejadian di Kamboja tadi. Pokoknya saat itu kami hanya ingin mandi, kemudian rebahan.

Kamipun kemudian mencari penginapan terdekat. Tapi ketika melihat harga kamarnya, sepertinya terlalu tinggi, tidak sesuai dengan catatan di buku yang saya pegang. Kami kemudian pergi ke penginapan sebelahnya, ternyata sama juga, lebih tinggi dari budget. (Saat itu saya belum sadar kalau bukunya udah nggak up to date)

Sebenernya saya keukeuh buat terus nyari, siapa tau ada yang lebih murah. Tapi semakin lama mencari, kami menyadari kalau sepertinya di daerah ini sudah ada floor price yang disepakati bersama, jadinya harganya mirip-mirip untuk kamar termurah. Kami kemudian memilih sebuah penginapan yang tidak terlalu jauh dari sebuah pertigaan.

Selesai check in, tanpa banyak ba-bi-bu, kami bergantian mandi, rebahan sebentar, kemudian lanjut jalan-jalan. Sebelum matahari terbenam kami ingin melihat Wat Arun yang konon indah untuk dilihat pada saat matahari terbit dan terbenam.

 

IMG_8541.JPG
and guess what? Wat Arun sedang direnovasi..

 

Setelah puas foto-foto di seputaran Wat Arun, kami kembali ke Khao-san, karena memang rencananya mau menikmati malam hari di jalanan tersebut, dan Besoknya baru explore kota Bangkok.

Saran: Jangan ragu-ragu untuk mencoba jajanan pasar di sana, murah-murah dan enak. terutama buah-buahannya.

Skip ke hari berikutnya.

Pagi-pagi kami udah keluar dari penginapan, masih belum banyak toko yang buka. Selang beberapa ratus meter, ada penjual buah mangga. Saya mengerutkan kening, kok bisa-bisanya mangga dijadiin menu sarapan. Alwi ngajak saya buat beli itu. Kalo kata abangnya sih itu memang menu sarapan. namanya Sticky Mango with Rice.

Bayangin guys, pagi-pagi makan nasi ketan lauknya buah mangga.

Setelah itu, kami berjalan menuju ke Grand Palace. Sebenarnya di tengah jalan ada bapak-bapak yang ngajak ngobrol, sekaligus nawarin jalan-jalan pake Tuk-tuk. karena hari sebelumnya kenyang kena scam, kami nggak begitu aja percaya ketika dia bilang bahwa Grand Palace lagi di renovasi dan sebagian besar areanya ga bisa diakses.

So, akhirnya kami tiba di depan Grand Palace. karena harus mengenakan pakaian sopan, di sekitar sana banyak penjual celana panjang dan kain. Karena Alwi pakai celana pendek, dia melipir dulu ke salah satu penjual celana.

Nah, momen saya bener-bener sadar kalau buku yang saya pegang udah kadaluarsa banget adalah di sini, saat kami menghampiri penjaga tiket, dan melihat bahwa tiket masuknya sudah hampir 2x lipat dari harga yang tertera di buku tersebut.

Hal ini menimbulkan sedikit dilema. Apakah masuk ke sini tapi skip beberapa tempat lain, atau skip tempat ini dan mengunjungi tempat-tempat lainnya?

IMG_8612.JPG
mungkin kalau upacara tujuhbelasan, di tempat ini kali ya?

 

Advertisements

One thought on “[HTBLI] #5: Jangan Ragu Gunakan Informasi dari Buku yang sudah kadaluarsa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s